bahaya lima game yang bisa merusak smartphone

Game Khusus Smartphone Spesifikasi Tinggi

Di era sekarang ini, smartphone berspesifikasi tinggi dan harga terjangkau telah banyak bermunculan di pasaran. Hal ini turut memicu perusahaan pengembang game online untuk turut melebarkan pasar ke platform Android. Saat kita mengakses halaman Google Play, akan kita temukan sangat banyak game, mulai dari game gratisan sampai dengan game berbayar.

 

Akan tetapi, ternyata banyak gamer pemula yang masih belum memahami bahwa untuk menginstal game yang kapasitasnya besar maka harus disesuaikan dengan spesifikasi smartphone tersebut. Apabila spesifikasi smartphone terbilang pas-pasan, maka lima game di bawah ini justru akan dapat merusak perangkat smartphone kita. Game apa sajakah yang dimaksud ?

 

GTA San Andreas

grand-theft-auto-san-andreas

 

Game GTA San Andreas tentu sudah tidak asing lagi apabila kita adalah penggemar konsol PlayStation. Game GTA San Andreas yang tersedia di smartphone menawarkan gameplay, karakter serta kualitas grafis yang tidak beda jauh dari yang biasa dimainkan di PS. Akan tetapi, hal ini justru akan jadi masalah karena setidaknya kita membutuhkan memori internal setidaknya 2,4 GB serta RAM minimal 2 GB agar game bisa dimainkan secara lancar. Jika game dipaksa untuk dimainkan di smartphone yang spesifikasinya di bawah itu, maka bisa dipastikan umur smartphone takkan lama lagi.

The Bard’s Tale

 

the-bards-tale

Game The Bard’s Tale terbilang populer di kalangan pecinta game online. Game ini mengusung genre RPG serta durasi gameplaynya mencapai 20 jam. Memori penyimpanan yang akan terkuras juga cukup banyak, yaitu mencapai 3,5 GB. Jika smartphone yang digunakan termasuk gampang panas, maka hindari game ini walau spesifikasi ponsel kita terbilang memadai. Durasi gameplay yang panjang terutama akan berdampak pada RAM, LCD, memori internal hingga prosesor.

XCOM

xcom

 

Game XCOM terutama memiliki kualitas grafis yang sangat bagus serta memukau. Namun, justru kelebihan grafis ini membuat XCOM menjadi game yang berat serta memakan cukup banyak ruang pada memori internal dan juga RAM. Smartphone harus memiliki setidaknya RAM 2 GB, prosesor di atas dual core serta ruang data internal sebanyak 3,6 GB. Jangan coba game ini jika smartphone tidak memenuhi spek di atas.

 

Baca Juga Game Android Anak Terbaik.

Assassin’s Creed Identity

assasoms creed identity

Kualitas grafis game Assassin’s Creed Identity tergolong baik dan bahkan termasuk yang terbaik di dunia. Tampilan yang menawan inilah yang membuat game ini tergolong berat untuk dimainkan. Smartphone harus memiliki minimal RAM 2 GB, prosesor yang dapat mendukung game HD serta ruang penyimpanan 3 GB.

Vainglory

 

vain glory

Game Vainglory terutama akan sangat sayang untuk dilewatkan oleh penggemar DOTA . Vainglory dikembangkan Super Evil Corp serta akan memberi pengalaman gaming luar bisa. Vainglory juga mendukung smartphone yang didukung kapasitas RAM 1 GB serta prosesor dual core 1,8 GHz. Banyak pengguna smartphone yang memenuhi spek tersebut ternyata tidak dapat menjalankan Vainglory secara maksimal. Apalagi saat update, kita harus setidaknya mendownload hingga 50 MB. Makin banyak update yang didownload, maka akan semakin besar pula RAM yang dibutuhkan.

 

Jika kita tetap memaksakan untuk memainkan aneka game di atas walaupun spesifikasi ponsel tidak mendukung, maka bisa dipastikan ponsel akan mengalami kerusakan. Kerusakan terutama akan terjadi pada hardware. Bijaklah dalam memilih game yang hendak dimainkan dalam perangkat Android masing-masing. Apabila spesifikasi ponsel memang tidak mendukung, maka sebaiknya tidak usah memainkan satu game tertentu.